Selasa, 15 Maret 2011

Data Link Layer

Pengertian Data Link Layer
Data link layer adalah layer kedua dari bawah dalam suatu model OSI, yang dapat melakukan konversi pada frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit yang mentah agar dapat diproses oleh layer fisik. Layer ini merupakan layer yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Layer ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal.

Tugas Data Link Layer
Tugas utama dari data link layer adalah sebagai fasilitas transmisi data mentah dan mentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahan transmisi. Sebelum diteruskan ke Network Layer, layer data link melaksanakan tugas ini dengan memungkinkan pengirim memecah-mecah data input menjadi sejumlah data frame (biasanya berjumlah ratusan atau ribuan byte). Kemudian layer data link mentransmisikan frame tersebut secara berurutan dan memproses acknowledgement frame yang dikirim kembali oleh penerima. Karena layer fisik menerima dan mengirim aliran bit tanpa mengindahkan arti atau arsitektur frame, maka tergantung pada layer data-link-lah untuk membuat dan mengenali batas-batas frame itu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membubuhkan bit khusus ke awal dan akhir frame.

Protokol Link Layer
Protokol link layer adalah protokol yang berfungsi memindahkan datagram dari satu node ke node berikutnya melalui individual link dalam bentuk frame.
Node :
·         PC
·         Route
·         Hub
·         Switch
·         Bridge
·         Server
·         W-AP
·         I-Phone, dll.

Individual Link : Merupakan link antara node-node tersebut mungkin menggunakan protokol yang berbeda-beda.
Framming : Membungkus (encapsulate) datagram ke dalam bentuk frame sebelum transmisi
Link access : Protokol-protokol Media Access Control (MAC) mengatur bagaimana sebuah frame ditransmisikan ke dalam link, misal: point-to-point, broadcast.

MAC Address
·         Alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link
·         Di Ethernet,
o   MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer
o   Biasa disebut Ethernet address, physical address, atau hardware address
o   Setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai
Ø  MAC address dari komputer sumber (source) dan
Ø  MAC address dari komputer tujuan (destination)

Aturan MAC Address
1. MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC)
2. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address
3. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan
4. 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut

Bridge dan Switch
Bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis

Encapsulasi Data









5 langkah encapsulasi:
      1. Data : Ketika anda mengirim sebuah email, informasi pesan dikonversi ke data dalam tiga layer teratas (Application, Presentation, Session) dan kemudian melewati layer Transport.
      2. Segment : Pada Layer Transport, informasi protokol ditempelkan di data sebagai “header”. Meyakinkan bahwa komputer penerima akan dapat berkomunikasi. Data dan “header” dipaketkan menjadi segmen.
      3. Packet : Segmen ditransfer ke layer Network dimana penambahan “header” berisi informasi alamat asal dan tujuan. Segmen dan “header” dipaketkan menjadi sebuah paket dan ditransfer ke layer Data Link.
      4. Frame : Pada Layer Data Link, sebuah “header” dan “trailer” ditempelkan sebagai informasi tambahan dan dipaketkan menjadi sebuah frame. Frame menyediakan informasi yang dapat menghubungkan terminal dari jaringan satu ke jaringan lain.
       5. Bit : Frame dikonversi ke deretan 0 dan 1 (bit) untuk transmisi melalui media jaringan pada layer Physical.

     

                  http://www.highteck.net/EN/DataLink/Data_Link_Layer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar